PEMBELAJARAN/ PENGAJARAN DI KLINIK (PPK)
Pembelajaran/ Pengajaran Di Klinik adalah:
• Bentuk kegiatan pendidikan/ pengalaman belajar untuk menumbuhkan serta membina sikap dan ketrampila profesional keperawatan peserta didik dengan lingkungan belajar pada tatanan nyata
• Bentuk program pendidikan untuk mempersiapkan tenaga keperawatan profesional khususnya di lapangan
Kerangka kerja PPK
1. Kerangka konsep
2. Konsep belajar: belajar dan pengalaman, belajar dan persepsi, belajar dan pengetahuan
3. Konsep mengajar
4. Relevansi konsep belajar & mengajar dan proses pembelajaran/ pengajaan di klinik
Manfaat PPK
• Pengalaman nyata
• Sikap profesional
• Pemahaman ilmu dan masalah keperawatan
• Problem soving melalui masalah keperawatan
• Adaptasi dan penyesuaian profesional di lingkungan kerja
• Kemampuan pengelolaan keperawatan
Managemen interaksi dalam PPK
1) Aspek kolaborasi institusi pendidikan dan pelayanan
i) Kerangka tujuan (tujuan peserta didik, target ketrampilan dan situasi klinik institusi pendidikan
ii) Fasilitas PPK: administratif (naskah kerjasama), teknisi profesional (ruang, pembimbing klinik, klien)
2) Aspek komunikasi antara pembimbing klinik dan pasien
Metode PPK
1. Metode pengalaman: penugasan klinik, pelaporan tertulis, simulasi, permainan
2. Metode pemecahan masalah: menganalisa situasi klinik, pemahaman masalah, perencanaan, penerapan pengetahuan, pemahaman nilai-nilai keyakinan
3. Konferensi/ kelompok diskusi: konferensi awal dan ahir, pear preview, issues (dampak sosial politik bagi praktek keperawatan), konferensi multidisiplinary (kolaborasi pengambilan keputusan untuk mengembangkan rencana perawatan pasien)
4. Observasi: peserta didik dapat meniru
5. Bed side teaching (peran serta klien, diskusi hal penting, tidak hanya how tapi why
6. Nursing care study: penguasaan merawat klien
7. Nursing team konferens: siswa diikutsertakan dalam pembahasan kasus oleh staf sebagai bagian dalam perencanaan keperawatan
8. Nursing round
Peran pembimbing klinik
• Change agent
• Nara sumber
• Menagemen/ pengelola: pengelola lingkungan fasilitas lahan praktek
• Mediator dan fasilitator
• Demonstrator
• evaluator
Fungsi pembimbing klinik
• Membina hubungan baik
• Terlibat dalam penemuan tim kesehatan
• Merancang magang
• Identifikasi populasi pasien untuk pembelajaran
• Mendampingi peseta didik selama praktik
• Fasilitasi proses pembelajaran, dll
Kriteria pembimbing
• Profesional dibidangnya
• Memahami askep
• Mempu mendeseminasikan
• Mempu melaksanakan fungsi pembimbing
• Kualifikasi pendidikan tinggi
Kriteria lahan praktik
• Terdaftar dan diakui pemerintah, manajemen baik
• Memberi pelayanan diagnostik, pencegahan, pengobatan dan rehabilitasi
• Pasien cukup (jumlah/ jenis penyakit)
• Fasilitas fisik dan alat memadai untuk kebutuhan pembelajaran
Aspek legal bagi institusi pendidikan
• Sistem pembimbingan, pengawasan dan penilaian praktik
• Rumusan tujuan praktik
• Jadwal pengelolaan praktik
• Tahapan sosialisasi/ pengenalan lapangan untuk peserta didik
• Panduan tertulis bagi peserta didik
Panduan tertulis bagi peserta didik
• Penghormati hak-hak pasien
• Pembuatan dan penggunaan dokumentasi keperawatan
• Atribut dan tanda pengenal diri
• Prosedur penjelasan, keluhan dan complain klien
• Kewaspadaan mal praktik
• Jalur komunikasi dan mekanisme bimbingan
Konferensi
1. Konferensi awal/ pre conference: persiapan, penguasaan materi, identifikasi kemampuan praktekan, perencanaan/ apa yang akan dilakukan.
2. Konferensi ahir/ post conference: apa yang akan dilakukan pada praktekan hari ini, kesenjangan, aspek positif/ negatif
PEMBELAJARAN/ PENGAJARAN DI KLINIK (PPK)
info download, 23 January, 2009
Labels:
ARTIKEL UMUM
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Comments :
Post a Comment